Jumat, 12 Juni 2015

On 23.12 by Mapala STACIA     No comments

berbicara tentang gunung pasti identik dengan yang namanya ketinggian , kawah, dan belerang terkandung di dalam gunung tersebut. Namun gunung yang di tulis kali ini bukanlah jenis gunung yang disebutkan tadi, melainkan gunung dengan ketinggian dan di dominasi oleh bebatuan tajam di seluruh bagiannya. Itulah gunung yang terletak di Pulau kecamatan wuar labobar. Gunung ini mempunyai tata letak tertinggi di antara seluruh kepulauan yang ada di Kab.Maluku Tenggara barat dengan ketinggian 400mdpl sehingga masyarakat sering menyebutnya gunung dan juga letak gunung labobar yang berada di kawasan hutan lindung.


Gambar 1.1 gunung labobar dilihat dari seberang pulau(Co 6899-9073 fhoto : fauzan Habib)

Hal yang menjadi menarik dari gunung ini adalah ketika setiap orang yang masuk melihatnya ke dalam masih banyak sekali tumbuhan yang terjaga rapih tanpa adanya pengrusakan yang disebabkan oleh manusia sehingga kondisi bebatuan masih sangat kokoh tertahan oleh akar akar pohon. Ketika tim mendaki gunung labobar sekaligus memperingati hari kebangkitan nasional pada 20 mei 2014, Tim diantar oleh anak muda desa dan sepanjang jalan tim juga menemukan beberapa pohon endemik seperti torem(Manilkara kanosiensis) dan kepiting kenari yang besar. Dan juga terdapat tanaman anggrek macan di gunung tersebut.


Gambar 1.2 pohon torem di ketinggian 164 Mdpl(Co 6281-9969 fhoto :fauzan habib)\


Perjalanan menuju puncak labobar memerlukan waktu sekitar kurang lebih 3 jam karena jalur pendakian yang terjal sangat memerlukan kehati-hatian yang ekstra karena jika terjadi kecelakaan bukanlah patah tulang atau keseleo namun bisa menyebabkan hal fatal karena jalur pendakian yang sangat terjal.


Selama perjalanan terdapat beberapa tempat yang sangat menggugah semangat dan meningkatkan rasa syukur kita terhadap ciptaan tuhan yang begitu indah karena dari ketinggian kita bisa merasakan bahwa betapa kecilnya kita jika melihat segala sesuatunya dari ketinggian, tim menamakan tempat tersebut adalah batu senyum karena dari atas batu sini kita bisa melihat pemandangan yang membuat siapapun yang melihatnya pasti tersenyum


Gambar 1.3 batu senyum dan pemandangan di lihat dari atas batu senyum dengan ketinggian 261 Mdpl ( Co 6269-9968 fhoto :Briptu Dance P)

Gambar 2.1 puncak labobar sealigus penghormatan terhadap sang bendera merah putih pada hari kebangkitan nasional ketinggian 400 Mdpl ( Co 6237-9956 Fhoto :gigih tre y)

Sungguh menjadi suatau kebanggan yang bisa dirasakan oleh tim ekspedisi NKRI kehutanan karena telah mencapai puncak labobar sekaligus mengibarkan sang bendera merah putih di puncak tertinggi kepulauan tanimbar dalam peringatan hari kebangkitan nasional, semoga dengan memperingati hari kebangkitan nasional semua warga Negara kesatuan Indonesia bisa lebih menguatkan jiwa nasionalisme nya untuk menjaga ketahan dan persatuan bangsa Indonesia yang sudah merdeka ini. mati kita sama sama menghargai perjuangan para pendahulu kita dengan menjadikan Negara Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan mandiri di mata dunia.

0 comments :

Posting Komentar